Change Background of This Blog!


Pasang Seperti Ini
=========================Selamat Datang Di Situs Resmi Ulum Computer ====================
  • hhjjjjjjjjjjjjjjj
  • 1
  • 1
  • 1
  • 1

Sabtu, 17 Maret 2012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATA KULIAH : ”INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER” (AK- 011305) PTA 2007/2008




Pertemuan ke
Pokok Bahasan
dan TIU

Sub Pokok Bahasan dan TIK

Teknik Pembelajaran

Media Pembelajaran
Tugas
Referensi
I
PENDAHULUAN

TIU :
Mahasiswa mengenal dan memahami konsep dasar dari Interaksi Manusia dan Komputer
  • Ruang Lingkup Mata Kuliah
  • Mengapa dan Apa IMK
  • Siapa saja yang terlibat dalam IMK
  • Konsep Dasar IMK

TIK :
  1. Mahasiswa mengerti dan memahami ruang lingkup, manfaat dan hubungan Mata Kuliah IMK dengan mata kuliah lainnya.
  2. Mahasiswa mengerti dan mampu menjelaskan apa dan mengapa IMK diperlukan.
  3. Mahasiswa mampu menyebutkan siapa saja yang terlibat dalam IMK.
  4. Mahasiswa mengerti dan mampu menjelaskan konsep dasar IMK.
  1. Kuliah Mimbar.
  2. Dialog Interaktif

  • Papan tulis
  • Computer Projector (slide-ppt)

Membuat tulisan tentang “Menurut saya IMK adalah ….”



(tugas perorangan – waktu 1 minggu)
9: Chap1, 2, 3
11: HCI.lecture.1
13: Slide 1, 2

II
PRINSIP USABILITY

TIU :
Mahasiswa mengetahui dan memahami prinsip usabililty, desain proses dan kemampuan manusia
  • Prinsip-prinsip Usability
  • Kemampuan manusia yang baik vs. yang buruk
  • Proses User Centered Design (UCD)
  • Kapasitas manusia
    • penginderaan ( penglihatan, pendengaran, perabaan)
    • Sistem motor
    • Memory (STM, LTM)
  • Proses kognitif : atensi pilih, pembelajaran, menyelesaikan masalah, bahasa

TIK :
Diharapkan Mahasiswa :
    1. Mampu menyebutkan dan menerangkan prinsip-prinsip usability
    2. Dapat membedakan desain yang baik dan buruk
    3. Mengetahui dan dapat menerangkan proses desain yang terfokus pada user
    4. Dapat mengerti tentang penginderaan, sistem motorik, sistem memori, proses kognitif pada manusia.
  • Kuliah mimbar
  • Diskusi
  • Papan tulis
  • Overhead projector, transparansi

9: Chap1, 4
11: HCI.lecture.2
13: Slide 3, 4, 5, 6


III
ANALISIS TUGAS

TIU :
Mahasiswa mengetahui dan memahami analisis dalam menyelesaikan tugas
  • Overview, utility
  • Jenis-jenis analisa tugas
  • Sumber dan penggunaan informasi
  • Data I/ O
  • Merepresentasikan data
  • Evaluasi
  • Evaluasi heuristik
  • discount usability testing
  • cognitive walkthrough
  • pemodelan user
  • Model Kognitif : GOMS, CCT, Context-based
  • Interpretive evaluation (observasi, ethnography)

TIK:
Diharapkan Mahasiswa
  1. Mengerti dan mampu menjelaskan teknik Analisa Tugas
  2. Dapat menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis analisa tugas.
  3. Dapat menyebutkan dan menjelaskan sumber dan penggunaan informasi
  4. Dapat memahami komponen data input dan output
  5. Dapat mengetahui dan mengerti tentang representasi data.
  6. Dapat mengetahui dan memahami konsep evaluasi analisis tugas yang mencakup evaluasi heuristik, discount usabilit y testing, cognitive walkthrough, pemodelan user, Model Kognitif dan Interpretive evaluation.
  • Kuliah mimbar
  • Diskusi
  • Papan tulis
  • Overhead projector, transparansi
9: Chap6, 7
13: Slide 7, 8, 9 , 10, 11

IV
DESAIN

TIU :
Mahasiswa mampu melakukan desain dalam proses analisis tugas
  • Prinsip Design
  • Ide dalam membuat design
  • Tantangan dalam membuat design
  • Contoh design dalam kehidupan sehari-hari
    • Desain Grafik
      • Filosofi Desain
      • Prinsip Desain Grafik
      • Pembuatan User Interface
      • Teknik Koding
      • Tipografi (typography)
      • Fonts
      • Warna (atribut, asosiasi)
      • Desain Icon

TIK :
Diharapkan Mahasiswa
  1. Dapat mengerti dan menjelaskan prinsip desain
  2. Dapat mengerti pentingnya ide dan mengetahui cara mendapatkan ide dalam proses pembuatan design
  3. Dapat mengerti dan mampu menjelaskan tantangan dalam membuat design yang baik dan memiliki nilai saing yang baik.
  4. Dapat menyebutkan beberapa contoh disain dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Dapat menyebutkan dan mampu menerangkan konsep disain grafik (Filosofi Desain, Prinsip Desain Grafik, Pembuatan User Interface, Teknik Koding, Tipografi, fonts, Warna, Desain Icon)

  • Kuliah mimbar
  • Diskusi
  • Papan tulis
  • Overhead projector, transparansi
Membuat aplikasi sederhana dengan dilengkapi help pengoperasian aplikasi.




(Tugas Kelompok – waktu 6 Minggu)
9: Chap5
13: Slide 12, 13, 14, 15, 16


V
PROTOTYPING

TIU :
Mahasiswa mengetahui dan mengerti konsep prototyping
    • Rapid Prototyping
    • Dimensi Prototyping (Representasi, Ruang Lingkup, Executability, Tahapan)
    • Terminologi Prototyping
    • Metode Rapid Prototyping
    • Deskripsi Desain
    • Sketsa
    • Storyboard
    • Skenario
    • Teknik-teknik prototyping
    • Prototyping Tools

TIK :
Diharapkan mahasiswa
  1. Dapat mengerti dan mampu menjelaskan konsep rapid prototyping.
  2. Dapat mengerti dan mampu menjelaskan dimensi prototyping
  3. Dapat mengerti dan mampu menjelaskan terminology prototyping
  4. Mahasiswa mampu menyebutkan dan menerangkan beberapa metode rapid prototyping
  5. Dapat mengerti dan mampu menjelaskan deskripsi desain
  6. Dapat mengerti dan mampu membedakan bentuk prototyping sketsa, storyboard, dan scenario
  7. Dapat menyebutkan dan menerangkan beberapa teknik prototyping lainnya
  8. Dapat menyebutkan beberapa prototyping tools yang dapat digunakan.
  • Kuliah mimbar
  • Diskusi
  • Papan tulis
  • Overhead projector, transparansi

9: Chap5
13: Slide 17

VI
DIALOG

TIU :
Mahasiswa mengetahui dan memahami model-model dialog dalam desain
  • Desain Dialog
  • Dialog Style
  • Command Language
    • WIMP
    • Direct Manipulation (DM)
    • PDA & Pen
    • Speech dan bahasa natural
      • User Interface Software

TIK :
Diharapkan mahasiswa
  1. Dapat memahami konsep desain dialog
  2. Dapat mengerti dan mampu menjelaskan dialog style serta mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing dialog style yang meliputi : command language, WIMP, DM, PDA & pen, Speech
  3. Dapat menyebutkan beberapa user interface software (user interface toolskit, GUI builder tools)
  • Kuliah mimbar
  • Diskusi
  • Papan tulis
  • Overhead projector, transparansi

9: Chap 8
13: Slide 18, 19, 20, 21, 22, 25
VII
PENANGANAN KESALAHAN & HELP-DOKUMENTASI

TIU :
Mahasiswa mengetahui dan mengerti tentang penanganan kesalahan dan help dokumentasi
  • Jenis-jenis kesalahan dan slip
  • Petunjuk pencegahan kesalahan
  • Petunjuk memperbaiki kesalahan
  • Jenis dokumen dan alat bantu
  • Isu presentasi
  • Pengaturan dokumen

TIK:
Diharapkan mahasiswa
  1. Mampu menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis kesalahan.
  2. Mampu melakukan pencegahan
  3. Mampu memperbaiki terhadap kesalahan yang muncul.
  4. Mengetahui dan dan mampu menyebutkan jenis dokumen dan alat Bantu.
  5. Mengetahui isu presentasi
  6. Mampu menjelaskan tipe dari dokumen dan help, user model, dan pengaturan dokumen
  • Kuliah mimbar
  • Diskusi
  • Papan tulis
  • Overhead projector, transparansi

9: Chap12
13: Slide 23, 24

VIII
EVALUASI

TIU :
Mahasiswa mengetahui dan mengerti teknik-teknik evaluasi

  • Pengenalan Evaluasi Empiris
  • Perancangan Eksperimen
    • Hipotesa
    • Variabel
    • Rancangan dan Paradigma
  • Partisipasi, IRB dan Etika
  • Pengumpulan Data
    • Teknik
    • Metode
    • Trik
    • Data Objektif
    • Data Subjektif
    • Kuesioner
    • Wawancara
  • Analisa Data dan Interpretasi Hasil
  • Penggunaan hasil rancangan

TIK :
Diharapkan Mahasiswa
  1. Mengetahui dan mampu menjelaskan evaluasi empiris
  2. Mengetahui dan mampu menjelaskan komponen perancangan eksperimen.
  3. Mengetahu dan mampu menjelaskan berbagai hal yang berhubungan dengan pengumpulan data
  4. Mampu melakukan analisa data dan mengintepretasikan hasil.
  • Kuliah mimbar
  • Diskusi
  • Papan tulis
  • Overhead projector, transparansi

9: Chap11
13: Slide 26, 27, 28, 29

IX
WEBSITE

TIU :
Mahasiswa mengenal dan mampu mengorganisir dan menganalisis sebuah situs
  • Identifikasi pengguna dan tujuan
  • Mengorganisasikan isi website (5 atribut kegunaan)
  • Analisis Situs

TIK :
Diharapkan Mahasiswa
  1. Mampu melakukan identifikasi tujuan dan pengguna sebuah situs.
  2. Mampu menyebutkan 5 atribut kegunaan dan melakukan pengorganisasian isi website
  3. Mampu melakukan analisis terhadap sebuah situs.

  • Kuliah mimbar
  • Diskusi
  • Papan tulis
  • Overhead projector, transparansi
Melakukan analisis terhadap aplikasi/ interface berbasis web dan non web.




(Tugas Kelompok – waktu – 3 minggu)
13: Slide 30
X
CSCW & Ubiquitous Computing

TIU :
Mahasiswa memahami komunikasi dalam kelompok dan pemrosesan yang ubiquitous
  • Systems - Groupware
  • Komponen
  • Taksonomi
  • Bentuk-bentuk system
  • Area ubiquitous
  • Tema pada ubiquitous computing
  • Tantangan dan isu

TIK :
Diharapkan mahasiswa
  1. mampu menjelaskan bagaimana mendesain software yang mendukung kelompok - Groupware
  2. mampu menyebutkan dan menjelaskan taksonomi dalam CSCW
  3. Mampu menyebutkan dan menjelaskan area dalam ubiquitous computing
  4. Mengetahui dan dapat memberi contoh tentang tantangan dan isu yang ada dalam are ubiquitous computing
  • Kuliah mimbar
  • Diskusi
  • Papan tulis
  • Overhead projector, transparansi

9: Chap13, 14
13: Slide 31, 32
XI
VISUALISASI INFORMASI

TIU :
Mahasiswa mampu melakukan visualisasi informasi dengan baik
  • Pengenalan Visualisasi Informasi
    • Definisi
    • Prinsip
    • Contoh-contoh
    • Teknik
  • Hirarki Visualisasi
    • Pandangan pohon tradisional
    • Alternatif
    • Pandangan space-filling

TIK :
Diharapkan Mahasiswa
  1. Mengerti dan mampu menerangkan konsep dasar visualisasi informasi
  2. Mengerti dan mampu menerangkan hirarki visualisasi

  • Kuliah mimbar
  • Diskusi
  • Papan tulis
  • Overhead projector, transparansi

13: Slide 33, 34
XII
AUDIO & AGENT

TIU :
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang system multi modal dan user interface agent
    • Audio
  • Penggunaan Audio Non Speech
    • Warning, Alert, Status Message
    • Peripheral Awareness
    • Sonifikasi (dalam pendidikan, isu)
    • Navigasi
  • Evaluasi
  • User interface agent (pendekatan, autonomous, contoh)

TIK:
Diharapkan Mahasiswa
  1. Mengerti dan mampu menjelaskan penggunaan audio non speech
  2. Mengerti dan mampu menjelaskan konsep evaluasi yang berhubungan dengan audio.
  3. Mengerti dan mampu menjelaskan dengan contoh apa yang dimaksud dengan agent dan user interface agent serta teknik pendekatan agent.
  • Kuliah mimbar
  • Diskusi
  • Papan tulis
  • Overhead projector, transparansi

9: Chap15
13: Slide 35, 36


Referensi :


Buku Teks :
  1. Dix, Alan et.al, HUMAN-COMPUTER INTERACTION, 2nd Edition, Prentice Hall, Europe, 1998.
  2. Galitz, W. O, The Essential Guide to User Inteface Design : An Introduction to GUI Design Principles and Techniques, John Wiley & Sons, Canada, 1996.
  3. Johnson, P., HUMAN-COMPUTER INTERACTION : Psychology, Task Analysis and Software Engineering, McGraw-Hill, England UK, 1992.
  4. Newman, W. M and Lamming, M. G, Interactive System Design, Addison Wesley, Cambrigde, Great Britain, 1995.
  5. P. Insap Santoso, Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktek, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.
  6. Raskin, J, The Human Interface, Addison Wesley, 2000
  7. Shneiderman, B, Designing The User Interface, 3rd Edition, Addison Wesley, 1998
  8. Sutcliffe, A. G., HUMAN-COMPUTER INTERFACE DESIGN, 2ND Edition, MacMillan, London, 1995.

Lecture Notes / Slide-Presentation / Referensi lain yang diperoleh melalui internet :
  1. http://www.informatics.sussex.ac.uk/ users/johnhall (folder : IMK-Sussex Uni.rar)
  2. Hewett, Baecker, et.al, ACM SIGCHI Curricula for Human-Computer Interaction (folder : IMK-ACM.rar)
  3. Folder : IMK-cc-Gatech-edu.rar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome In Blogging Is My Life

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!